Pemahaman Fungsi dan Kegiatan Pemeliharaan (Maintenance)

Pemeliharaan (maintenance) didefinisikan (menurut BS 3811: 1984) sebagai gabungan dari kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan satu kondisi yang ada atau mengembalikan pada kondisi yang memenuhi syarat tertentu.

Dari definisi tersebut ada dua komponen yang perlu diidentifikasikan, yaitu:

  • Kegiatan yang dilakukan bukan saja berkaitan dengan pekerjaan fisik memelihara/merawat tetapi juga terkait pada kepedulian berupa inisiatif, keuangan, dan organisasi
  • Pengertian akan ‘kondisi yang memenuhi syarat’, tersirat suatu pemahaman atas persyaratan yang diperlukan agar bagian bangunan atau suku cadang dapat dioperasionalkan dalam kaitan kinerja bangunan secara keseluruhan.

 

Definisi menurut Undang-Undang nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung,  pemeliharaan adalah kegiatan menjaga keandalan bangunan gedung beserta prasarana dan sarananya agar selalu laik fungsi. Perawatan adalah kegiatan memperbaiki dan/atau mengganti bagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarana agar bangunan gedung tetap laik fungsi. Pemeriksaan berkala adalah kegiatan pemeriksaan keandalan seluruh atau sebagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarananya dalam tenggang waktu tertentu guna menyatakan kelaikan fungsi bangunan gedung.


Selanjutnya, Peraturan Pemerintah nomor 29 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi (Pasal 34), menyatakan bahwa Kegagalan Bangunan merupakan keadaan bangunan yang tidak berfungsi, baik secara keseluruhan maupun sebagian dari segi teknis, manfaat, keselamatan dan kesehatan kerja, dan atau keselamatan umum sebagai akibat kesalahan Penyedia Jasa dan atau Pengguna Jasa setelah penyerahan akhir pekerjaan konstruksi. Artinya suatu bangunan, baik sebagian maupun keseluruhan dinyatakan mengalami kegagalan apabila tidak dapat mencapai kinerja (performance) tertentu, sehingga mengakibatkan bangunan tersebut tidak dapat berfungsi, sebagian atau keseluruhan, seperti yang direncanakankeseluruhan dan/atau keseluruhan.




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s